Sudahkah Anda Bertaubat

taubatManusia diciptakan oleh Allah dengan dibekali akal, hati dan nafsu. Akal untuk mengetahui mana yang benar dan mana yang salah. Hati untuk meyakini kebenaran dan nafsu adalah hasrat untuk melakukan sesuatu yang kadang tidak sejalan bahkan keluar dari patokan akal dan hati. Setiap hari, ketika melakukan sebuah kegiatan, akal, hati dan nafsu kita bersaing untuk meraih posisi yang utama. Tak heran jika sang nafsu menguasai kita, dosa akan selalu menyelimuti kita. Apakah nafsu itu harus dihilangkan untuk meraih kesempurnaan ? Sebuah keterangan mengatakan, “Manusia itu tempatnya salah dan lupa” jadi, tidak ada manusia yang sempurna. Yang harus kita lakukan hanyalah mengakui kesalahan dan memohon ampunan kepada Allah serta bertekad untuk tidak mengulangi perbuatan itu lagi. Kegiatan ini biasa dikenal orang dengan istilah taubat. Timbul sebuah pertanyaan “Apakah setiap hari kita harus bertaubat ?” Jawabannya, ya. Karena kita tidak tahu selama kita berinteraksi dengan orang lain apakah kita berbuat kesalahan atau tidak. Apakah kita menyakiti hari orang atau tidak. Apakah gurauan yang kita maksud dianggap gurauan oleh orang lain atau tidak. Ini semua menjadi alasan kenapa kita harus bertaubat setiap hari. Apalagi jika kesalahan/dosa yang kita perbuat kaitannya dengan orang lain. Allah tidak akan menerima taubatnya seseorang sampai orang itu dimaafkan oleh orang yang  telah ia sakiti. Kecuali dosa-dosa yang tidak ada kaitannya dengan orang lain seperti ujub, riya, sum’ah ini bisa langsung diterima taubatnya oleh Allah jika Allah menghendaki. So …. Taubat ini sangat penting sekali dilakukan. Sudahkah anda bertaubat hari ini ?

Pos ini dipublikasikan di Agama dan tag , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Sudahkah Anda Bertaubat

  1. nuraeny XI IPS 1 berkata:

    “saya jga sadar saya hanya makhluk biasa yang banyaksalah, maka dari itu saya mohon do’a darirekan” semua mudah”n amal perbuatan yang saya jalani bisa di terima oleh allah… amin…!!!

  2. Rosita Kls:XI IPS 2 berkata:

    sesungguhnya memang benar apa yang di inginkan nafsu syahwat tidaklah akan puas dengan apa yang kita rasakan. tetapi ingatlah kita di beri oleh allah akal untuk berpikir dan kita harus mensyukuri nikmat yang di beri oleh Allah swt, untuk tidak menjadikan kita rendah diri. berbuatlah sesuatu yang bermanfaat di mulai dari sekarang, hari ini, esok dan seterusnya. mari kita mengucapkan istigfar bersama-sama “Astagfirullahal’adzim” mudah-mudahan apa yang kita perbuat bernilai baik dan di terima oleh Allah swt Amin…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s