Menghilangkan Rasa Malu dan Takut

0211200800261Malu dan takut adalah sebuah perasaan dimana anda selalu merasa kurang di hadapan orang lain sehingga anda selalu tidak percaya diri untuk melakukan sesuatu yang berkaitan dengan orang banyak. Mungkin anda pernah mendengar atau bahkan pernah merasakannya sendiri ketika seorang guru atau dosen berkata “Siapa yang bisa menjawab pertanyaan ini ?” Sebetulnya anda mampu untuk menjawabnya. Tetapi anda tidak berani untuk mengungkapkannya. Sehingga ketika guru memberitahu jawaban yang benar anda berkata di dalam hati “Tuh, apa kata saya juga jawabannya seperti itu”.Hal ini lumrah dan manusiawi. Lantas apakah rasa malu dan takut itu harus dihilangkan ? ya gak juga. Karena dalam batas tertentu rasa takut dan malu itu merupakan suatu perintah dari Allah SWT (hauf billah). Yang harus kita lakukan adalah mengontrol rasa malu dan takut itu pada batas yang wajar. Caranya bagaimana ? Simaklah tips berikut ini :

  • Hargai diri anda sendiri hilangkan anggapan bahwa anda rendah di hadapan orang
  • Jadikan kekurangan yang ada di diri anda sebagai pemicu anda untuk berprestasi
  • Mulailah berlatih dengan pertanyaan-pertanyaan kecil jika anda berada disebuah forum
  • Buatlah persiapan yang matang jika anda menjadi seorang penyaji
  • Yakinkan kepada diri anda bahwa anda mampu untuk melakukan tugas anda
  • Berdo’a di setiap saat ketika anda merasa takut dan malu
  • Jalinlah persahabatan dengan teman-teman yang lain agar terbiasa berkomunikasi
  • Galilah hobi anda yang bermanfaat; biasanya ketika hobi itu dapat bermanfaat untuk orang lain akan menambah rasa percaya diri dan bangga (tapi awas jangan riya)
  • Jangan putus asa ketika kenyataan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan; terus berusaha insya allah suatu saat nanti kita akan berhasil

Mudah-mudahan tips di atas bermanfaat, selamat mencoba.

Tulisan ini dipublikasikan di TIPS dan tag , , . Tandai permalink.

10 Balasan ke Menghilangkan Rasa Malu dan Takut

  1. zero berkata:

    waduuh maz blogya cukup
    yang paling susah dilakukan tips’na point no 7

  2. Mjanuaripin berkata:

    Memang betul itu gampang-gampang susah. dan saya sendiri merasakannya. tapi kita harus usaha man jadda wa jadda

  3. herman berkata:

    Thnk Ya Mas…. :
    Bagus banget motivasinya?
    Insya allah saya akan mencobanya.”
    Mas boleh minta ga makalah yang lainnya gak ” kirim ke email saya.
    Makasih…….

  4. fach berkata:

    pokoknya percaya diri, angap saja saya lah yang lebih
    kenapa mesti malu& takut, jangan pikirkan yg lain…. istilah nya no formen spay …. hajar saja jangan takut salah..
    perubahan itu harus dicapai, sesungguhnya allah akan membantu.

  5. Arianto Cahyadi berkata:

    Selamat sore mas, saya ingin bertanya kenapa ya saya setiap mengobrol dengan orang yang senior darisaya atau di bawah dari umur saya. saya masih merasa malu untuk bertannya dan sangat sulit memberikan pertolongan terhadap orang yang sangat perlu ditolong padahal ada di depan saya? dan saya juga pada saat berpacaran dan pada saat teman mendekati saya selalu berfikir yang aneh aneh atau lain sebagainya dan bagai mana cara untuk menghilangkan rasa itu ya mas ? tolong bantuannya dan di jelaskan secara rinci ya mas
    terimakasih dan selamat sore

  6. aldi berkata:

    thanks mas..
    atas motivasinya.
    skrng saya tdk lg merasa malu dan takut…

  7. dedy indra berkata:

    mas bisa tolng sya…nga.saya pemalu bgt bahkan mau kluar rumah sya mlu,kayanya orang yg melihat saya seaakn ngomngin saya…tlong bantu sya mas menghilangkannya….

  8. ichal berkata:

    mkci atas tipsx mas
    smoga dengan tips ini sya bisa berubah
    n gk meersa minder ageeeeee

  9. armad berkata:

    saya akan men coba juga besok

  10. Rayza berkata:

    maksih ya tipsnya…gak da salahnya juga q mencoba

Berikan Balasan

